Header Ads

Rasululah SAW Menunaikan Ibadah Haji ke Baitullah

Setelah Fathhu Makkah, kaum muslimin semakin bertambah banyak dan kuat. Islam semakin meluas ke seluruh Jazirah Arab. Semua suku yang ada di Jazirah Arab saat itu telah menerima agama Islam. Pada saat itu Rasulullah saw. menyampaikan niatnya untuk melaksanakan haji.

Mendengar niat Rasulullah tersebut banyak kaum muslimin yang ingin bergabung dengan beliau. Pada tanggal 25 Dzulkaidah tahun 10 H, Rasulullah bersama lebih dan 90.000 kaum muslimin berangkat menuju Makkah untuk menunaikan ibadah haji. Ketika dalam perjalanan kaum muslimin semakin bertambah. Menurut riwayat jumlah mereka hingga mencapai 124.000 orang. Ada yang berjalan kaki dan ada yang mengendarai unta.

Ibadah haji Rasulullah itu adalah ibadah haji yang terakhir. Sehingga ibadah haji ini dinamakan haji wada’ atau haji perpisahan. Yaitu perpisahan beliau dengan para sahabat dan umatnya yang sangat beliaii cintai.

Evaluasi

1. Haji Wada artinya adalah ...
2. Pada tanggal berapa Rasulullah melaksanakan Haji ...
3. Rasulullah melaksanakan Haji pada tahun ...
4. Jumlah umat Islam yang ikut serta berhaji bersama Rasulullah SAW. tidak kurang dari ...
5. Ibadah Haji dilaksanakan pada setiap ...

Sumber :
Syaein, Asim, Muhalim, Hasanudin, E., & Santoso, I. (2016). Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk MI Kelas V. Jakarta: Erlangga.
- Mutomimah, Herlina, I., Jamaludin, & Hakim, S. L. (2015). Buku Siswa Sejarah Kebudayaam Islam untuk Kelas V. Jakarta:Kementerian Agama.

Tidak ada komentar