Header Ads

Riwayat Hidup Ali bin Abi Thalib

Khalifah keempat setelah Utsman bin Affan adalah Ali bin Abi Thalib bin Abdul Muthalib. Ia adalah anak paman Rasulullah Saw, bertemu dengan nasabnya pada kakeknya, Abdul Muthalib bin Hasyim, yang memiliki anak bernama Abu Thalib saudara laki-laki kandung Abdullah, bapak Nabi Muhammad Saw. 


Nama yang diberikan kepada Ali pada saat kelahirannya adalah As’ad (singa). Nama tersebut hasil pemberian sang ibu sebagai kenangan dari nama bapaknya yang bernama As’ad bin Hasyim. Ketika putranya lahir, Abu Thalib saat itu tidak ada di tempat. Setelah ia tahu nama pemberian sang ibu kepada buah hatinya adalah As’ad, ia merasa kurang tertarik dengan nama tersebut, maka kemudian menggantinya dengan nama Ali.


Garis keturunan Ali bin Abi Thalib bertemu dengan Rasulullah Saw.

Menurut Ibnu Ishaq, Ali bin Abi Thalib dilahirkan 10 tahun sebelum diutusnya Nabi Muhammad Saw menjadi nabi. Ali mempunyai beberapa julukan, diantaranya; Abul Hasan, yaitu dinasabkan kepada anaknya yang paling besar, Hasan. Selain itu juga dijuluki Abu Turab, yaitu julukan pemberian Rasulullah Saw. dan Ali merasa senang jika dipanggil itu. Ada juga julukan lain adalah Abul Hasan wal Husain, Abul Qashim Al- Hasyimi, dan Abu As-Sabthaini. Ali memiliki gelar Amirul Mukminin.

Ali mempunyai tiga saudara kandung laki-laki, yaitu: Thalib, Ukail, Ja’far, dan dua saudara kandung perempuan, yaitu: Ummu Hanik dan Jumanah. Sedangkan istri Ali adalah Fathimah binti Rasulullah Saw. Dari pernikahannya dengan Fathimah mempunyai empat anak, yaitu: Hasan, Husain, Zainab Al-Kubra, dan Ummu Kultsum Al-Kubra. Ali bin Abi Thalib masuk Islam saat setelah keislaman istri Rasulullah Saw., Khadijah. Ia adalah orang yang pertama kali masuk Islam dari golongan anak-anak.

Evaluasi
1. Silsilah Ali bin Abi Thalib bertemu dengan silsilah Rasulullan bertemu dengan?
2. Nama Ali bin Abi Thalib saat dilahirkan adalah
3. Nama tersebut hasil pemberian sang ibu sebagai kenangan dari nama bapaknya yang bernama
4. Kapan Ali bin Abi Thalib dilahirkan
5. Sebutkan ketiga saudara kandung laki-laki dari Ali bin Abi Thalib

Referensi :
- Hasanudin, E., Syaein, Asin, & I. S. (2017). Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk MI Kelas VI. Jakarta: Erlangga.
- Nugroho, H. (2016). Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam untuk MI Kelas VI. Jakarta: Kementerian Agama.

Tidak ada komentar