Header Ads

Membangun Masjid Nabawi

Langkah pertama yang dilakukan Rasulullah saw. setibanya di Madinah adalah mendirikan masjid. Hal ini sanga penting dilakukan oleh Rasulullah saw. karena masjid sangat diperlukan dalam membina umat.

Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga digunakan sebagai tempat pembinaan agama, bermusyawarah, memutuskan perkara, bahkan menjadi pusat pemerintahan Islam. Pembangunan masjid ini pun menjadi tonggak pertama dalam membangun masyarakat baru yang berdasarkan ajaran agama islam. Masjid yang dibangun Rasullah saw. ini kemudian diberi nama Masjid Nabawi.

Masjid Nabawi didirikan di atas tanah milik dua orang anak yatim dari Bani Najjar. Mengetahui bahwa Rasulullah saw. hendak membeli tanah itu, kedua anak yatim tersebut sepakat untuk memberikannya kepada Rasulullah saw. Namun Rasulullah saw. menolak dan beliaupun membelinya dengan uang Abu Bakar yang tidak lama kemudian beliau menggantinya. Rasulullah saw. memilih tanah itu meminta petunjuk dari Allah swt. Ketika untanya yang bernama Qashwa berhenti di atas tanah itu, Rasulullah saw. pun menetapkan bahwa tanah itulah yang dikehendaki Allah swt. untuk tempat didirikan masjid.

Rasulullah saw. dan kaum Muslimin, baik Anshar maupun Muhajirin, bergotong-royong mendirikan masjid tersebut. Rasulullah sendiri ikut serta memikul batu bata, membuat dinding, dan memotong pohon-pohon kurma. Dinding masjid dibuat dari semacam batu bata yang direkatkan dengan tanah liat, tiangnya dari pohon kurma, sementara atapnya terbuat dari pelepah pohon kurma. Lantainya berupa kerikil yang ditimbun dengan pasir halus. Masjid yang baru dibangunnya itu diberi nama Masjid Nabawi atau Masjid Nabi.

Di sebelah Masjid Nabawi inilah kemudian Rasulullah membangun rumahnya untuk tempat tinggal beliau dan keluarganya. Di sampingnya terdapat kamar-kamar yang digunakan oleh para sahabat yang belum memiliki rumah atau dijadikan tempat tinggal kaum duafa.


Evaluasi
1. Langkah pertama yang dilakukan oleh Rasullah saw. setibanya di Madinah adalah
2. Selain sebagai tempat ibadah masjid yang dibangun oleh Rasulullah saw. juga digunakan sebagai.
3. Dimanakah Masjid Nabawi didirikan
4. Selain Rasulullah saw. siapa lagi yang ikut bergotong royong mendirikan masjid tersebut
5. Apa sebutan lain dari Masjid Nabawi

Referensi :
Syaein, Asim, Muhalim, Hasanudin, E., & Santoso, I. (2016). Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk MI Kelas V. Jakarta: Erlangga.
- Mutomimah, Herlina, I., Jamaludin, & Hakim, S. L. (2015). Buku Siswa Sejarah Kebudayaam Islam untuk Kelas V. Jakarta:Kementerian Agama.

blog anak sekolah

Tidak ada komentar