Header Ads

Keteladanan Khalifah Abu Bakar As-Siddiq


1. Membantu Rasulullah SAW. Berdakwah
Abu Bakar adalah tokoh Quraisy yang sangat berpengaruh. Oleh sebab itu, setelah Abu Bakar memeluk Islam, Banyak toko Quraisy terkemuka masuk Islam atas ajakannya. Diantaranya adalah Usman bin Affan, Zubair bin Awwam, Abdullah bin Mas'ud, Thalhah bin Ubaidillah, Abdurrahman bin Auf, Sa'ad bin Abi Waqas, Al-Arqam bin Abil Arqam, Abu Ubaidillah bin Jarrah, dan lain-lain.
2. Membebaskan Kaum yang Teraniaya
Abu Bakar adalah salah seorang yang kaya dan dermawan. Beliau juga sangat peduli terhadap orang-orang yang tertindas. Terutama para budak yang dianiyaya oleh majikanya. Salah satu budak yang ditolong oleh Abu Bakar adalah Bilal bin Rabbah.
3. Membela Nabi Muhammad SAW. dari Penganiayaan Kaum Quraisy
Abu Bakar adalah sahabat setia Rasulullah SAW. Beliau tidak pernah takut menghadapi ancaman dan perlakuan kafir Quraisy terhadap Rasulullah SAW. maupn terhadap dirinya sendiri.
4. Keyakinan Abu Bakar Ketika Menerima Berita Isra Mi'raj
Abu Bakar adalah orang yang pertama mempercayai dan membenarkan peristiwa Isra' Mi'raj, Oleh karena itu Rasulullah SAW. memberi beliau gelar "As-Siddiq" artinya "yang membenarkan"
5. Kesabaran Abu Bakar Ketika Menemani Rasulullah SAW. Hijrah
Abu Bakar adalah orang yang sering meminta agar beliau menjadi pengawal Rasulullah SAW. Abu Bakar bersedia melindungi Rasulullah SAW. dari ancaman kaum kafir Quraisy

- Buku Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk MI Kelas V
- Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V

Tidak ada komentar