Header Ads

Kepribadian Khalifah Abu Bakar As-Siddiq



Abu Bakar sejak kecil dikenal sebagai anak yang mempunyai kemauan keras dan kepribadian tinggi. Beliau dikenal sebagai anak yang memiliki sifat terpuji. Beliau tidak mempunyai perilaku seperti kebanyakan anak bangsawan Arab lainnya yang suka berfoya-foya dan hidup mewah muhammad SAW. Sejak Nabi Muhammad SAW. sebelum diangkat menjadi rasul, beliau sudah menjalin persahabatan dengan Rasulullah SAW dan persahabatannya itu terus berlanjut sampai Rasulullah SAW. wafat.

Abu Bakar merupakan salah seorang pembesar dan bangsawan Quraisy yang sangat disegani dan dihormati. Selain terkenal kaya dan dermawan, beliau juga terkenal sangat giat dalam urusan kemasyarakatan. Beliau pernah menjabat sebagai Al-Isynaq dalam Darun nadwa, yaitu "Majelis Musyawarah Suku Besar Quraisy". Tugas Abu Bakar sebagai Al-Isynaq adalah mengadili dan memutuskan perkara terhadap berbagai macam persengketaan dalam suku Quraisy dan menetapkan hukumnya atau dendanya.

Abu Bakar terkenal sangat jujur dan tegas tetapi sangat hati-hati dalam memutuskan suatu perkara. Setelah masuk Islam, beliau sering diajak musyawarah oleh Rasulullah SAW., terutama dalam menghadapi kekejaman kaum Quraisy terhadap kaum muslimin. Beliau juga terkenal sangat pandai, adil, dan bijaksana. Segala keputusan yang diambilnya selalu dipertimbangkannya terlebih dahulu untung dan ruginya bagi umat yang dipimpinnya.

Pekerjaan Abu Bakar adalah pedagang. Beliau termasuk pedagang yang giat dan sangat jujur. Kejujurannya dan ketulusan hatinya membuat menjadi saudagar yang kaya raya. Abu Bakar sering berdagang hingga keluar Mekkah berbulan-bulan lamanya. Abu Bakar banyak bergaul dengan orang-orang diluar suku Quraisy, sehingga beliau banyak mempunyai kawan para bangsawan. Oleh karena itulah Beliau memiliki wawasan dan pengetahuan yang sangat luas.

Hal ini menyebabkan Abu Bakar sangat mudah menerima ajaran agama Islam. Terbukti terbukti setelah Rasulullah SAW. berdakwah menyebarkan agama Islam, beliau segera menerimanya. Abu Bakar adalah orang pertama dari golongan pria dewasa yang menyatakan diri memeluk agama Islam.

Evaluasi
  1. Sejak kecil Abu Bakar dikenal sebagai?
  2. Selain terkenal kaya dan dermawan, Abu Bakar juga pernah menjabat sebagai?
  3. "Majelis Musyawarah Suku Besar Quraisy" disebut juga sebagai?
  4. Tugas Abu Bakar adalah mengadili dan memutuskan perkara atau dikenal juga sebagai?
  5. Abu Bakar sangat mudah menerima ajaran agama Islam dikarenakan beliau memiliki?
Referensi :
Syaein, Asim, Muhalim, Hasanudin, E., & Santoso, I. (2016). Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk MI Kelas V. Jakarta: Erlangga.
- Mutomimah, Herlina, I., Jamaludin, & Hakim, S. L. (2015). Buku Siswa Sejarah Kebudayaam Islam untuk Kelas V. Jakarta:Kementerian Agama.


blog anak sekolah

Tidak ada komentar