Header Ads

Kepribadian Ustman Bin Affan

Utsman bin Affan dikenal sangat dermawan dan murah hati. Beliau sering membantu orang-orang yang kekurangan. Utsman bin affan juga memiliki sifat lembut, sabar, tekun, dan pemalu. Dengan ketekunan yang dimilikinya serta kemurahan hatinya dalam berdagang, beliau menjadi pedagang yang sukses.

Setelah menginjak dewasa, Utsman bin Affan menjadi saudagar yang kaya dan dermawan, berbudi luhur, jujur, teguh hati, serta berperasaan halus. Utsman bin Affan termasuk orang yang mempunyai kedudukan terhormat dan mulia dikalangan masyarakat Quraisy.

Utsman bin Affan juga memiliki sifat pemalu. Dalam sebua Hadits disebutkan bahwa Rasulullah SAW. bersabda : "Umatku yang benar-benar pemalu adalah Utsman bin Affan. Perasaan malunya bertambah ketika dilihat orang. Hal itu menyebabkan orang yang bertemu dan berhadapan dengan beliau juga merasa malu dan segan kepadanya". Bahkan Rasulullah SAW. pun berkata kepada Aisyah; "Tidakkah saya malu kepada orang yang malaikat pun juga malu kepadanya".

Sebelum Islam datang ke kota Makkah, Utsman bin Affan sudah dikenal sebagai orang yang kaya raya. Kesuksesan yang diraihnya merupakan hasil dari kegigihan dan keuletannya dalam berdagang. Kekayaan dan harta yang dimilikinya tidak membuatnya menjadi orang yang pelit. Utsman bin Affan terkenal sebagai pribadi yang dermawan dan semua orang mengakui kedermawanannya.

Setelah Utsman bin Affan memeluk agama Islam, pengorbanannya sungguh luar biasa, ia menyerahkan sebagian besar kekayaannya demi kepentingan dakwah Islam, membantu orang-orang kekurangan, serta membebaskan para hamba sahaya muslim yang mendapat siksaan dari tuannya.

Kepribadian Utsman bin Affan yang paling menonjol adalah kedermawanannya. Contoh kedermawanan beliau adalah ketika terjadi perang Tabuk. Utsman bin Affan menanggung sepertiga biaya perang dengan menyumbangkan 950 unta, 100 kuda, dan uang 1.000 dinar.

Evaluasi
1. Bagaimana kepribadian Utsman bin Affan.
2. Apa pekerjaan Utsman bin Affan.
3. Kepribadian Utsman bin Affan yang paling menonjol adalah.
4. Utsman bin Affan sudah dikenal sejak sebelum Islam datang ke kota Makkah sebagai.
5. Apa yang disumbangkan oleh Utsman bin Affan pada saat terjadi perang Tabuk.

Referensi :
- Hasanudin, E., Syaein, Asin, & I. S. (2017). Bina Sejarah Kebudayaan Islam untuk MI Kelas VI. Jakarta: Erlangga.
- Nugroho, H. (2016). Buku Siswa Sejarah Kebudayaan Islam untuk MI Kelas VI. Jakarta: Kementerian Agama.

Tidak ada komentar